Blogger Widgets irwan17blog: Suasana Rapat yang Bosan Bikin Kecerdasan Menurun

Selasa, 07 Februari 2012

Suasana Rapat yang Bosan Bikin Kecerdasan Menurun

img
Jakarta, Beberapa orang sering tertidur saat mengikuti rapat yang membosankan. Pada kondisi tertentu, mungkin memang lebih baik tertidur saat rapat sebab suasana yang membosankan benar-benar bisa menurunkan tingkat kecerdasan seorang karyawan.

Menurut sebuah penelitian di Virginia Tech, mengikuti rapat maupun bekerja dalam sebuah tim besar bisa membuat kemampuan berpikir seorang karyawan menurun. Bukan semata-mata karena bosan, namun ada sebagian sel-sel otak yang memang mengalami kerusakan.

Meski efek ini bisa terjadi pada semua karyawan, namun penurunan tingkat kecerdasan lebih teramati pada perempuan daripada laki-laki. Diduga, kecenderungan ini dipengaruhi oleh sifat perempuan yang secara naluriah lebih peduli pada pergaulan sosial.

Pengamatan terhadap 13 relawan perempuan menunjukkan, hanya 3 relawan yang tetap bisa berpikir dengan jernih dan tajam saat rapat. Sisanya sebanyak 10 relawan mengalami peningkatan aktivitas otak pada pusat emosi dan kegelisahan, sehingga aktivitas pada bagian otak untuk berpikir malah menurun.

Peningkatan aktivitas otak di bagian pusat emosi dan kegelisahan terjadi karena ada pengalihan energi. Dari yang semula untuk berpikir, energi yang ada dialihkan untuk bergaul atau menjalin interaksi sosial dengan rekan satu kelompok yang sedang mengikuti rapat.

"Hasil penelitian kami menunjukkan adanya konsekuensi yang dramatis dan tak terbayangkan dari sinyal-sinyal sosial terhadap masing-masing individu," kata salah seorang peneliti, Read Montague seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (8/2/2012).

Penurunan fungsi otak saat mengikuti rapat hanya terjadi di bagian pusat kecerdasan atau intelejensia. Sementara di bagian pusat emosi, tidak terjadi perubahan yang berarti sebab kadangkala rapat yang mebosankan hanya butuh kemampuan berinteraksi dan tidak benar-benar butuh berpikir.
sumber :  http://www.detikhealth.com/read/2012/02/08/085938/1836930/763/suasana-rapat-yang-bosan-bikin-kecerdasan-menurun?l1101755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar