Blogger Widgets irwan17blog: Permainan 1 : Tebak Angka Dalam Tabel

Jumat, 25 November 2016

Permainan 1 : Tebak Angka Dalam Tabel

Permainan angka merupakan salah satu cara menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran terutama pembelajaran Matematika. Seringkali kita sebagai pendidik terjebak dalam rutinitas pembelajaran klasikal, formal, tanpa mengabaikan minat dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran sehingga membuat mereka jenuh dalam mengikuti proses belajar mengajar. Permainan angka ini dapat digunakan sebagai apersepsi untuk materi pembelajaran tertentu yang berkaitan atau dapat pula berfungsi sebagai pengayaan dalam memperkuat konsep dan logika operasi hitung tertentu. Implementasi permainan angka pula merupakan upaya mengembalikan hakikat pembelajaran matematika yang tidak hanya menitikberatkan terhadap pembelajaran simbol dan rumus belaka melainkan pula problem solving (pemecahan masalah) dan penalaran logika.
Berikut ini merupakan permainan angka dengan menebak pilihan angka rahasia dalam tabel. Dimana seorang peserta didik diminta untuk memilih salah satu angka yang dirahasiakan pada tabel yang disajikan, kemudian guru menebaknya, peserta didik mengamati polanya, mendiskusikan untuk memahami pemecahan masalahnya, jika telah memahami mempraktekan bersama teman lainnya di kelas. Langkah detai permainan angka menebak pilihan angka rahasia dalam tabel adalah sebagai berikut.
  1. Menyajikan tabel angka. Tabel terdiri dari tabel A, B, C, D, E, … (terserah guru menyajikan berapa tabel, selanjutnya bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan perkembangan peserta didik). Tabel pada kesempatan ini disajikan lima tabel terdiri atas angka 1 sampai dengan 31. Rinciannya, antara lain:Tabel Menebak Angka
  2. Pesera didik diminta untuk memilih salah satu angka yang terdiri atas angka 1 sampai dengan 31 dalam tabel secara rahasia (tidak diungkapkan, dalam hati).
  3. Guru bertanya kepada peserta didik perihal tabel mana saja yang memuat angka tersebut.
Contoh:
Guru : Pada tabel A, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Ada
Guru : Pada tabel B, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Tidak
Guru : Pada tabel C, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Ada
Guru : Pada tabel D, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Tidak
Guru : Pada tabel E, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Ada
  1. Guru menebak angka yang dirahasiakan tersebut, dengan cara:
Lihat tabel yang memuat ada pada dialog di atas yaitu A, C, E.
Perhatikan angka pertama pada tabel tersebut (lihat tabel di atas)
A = 1
C = 4
E= 16
Angka yang dirahasiakan = 1 + 4 + 16 = 21
Dengan kata lain
Angka yang dirahasiakan = Jumlah angka-angka pertama pada tabel yang memuat ada angka tersebut
  1. Setelah dilakukan secara bergiliran, buatlah simulasi terbalik, peserta didik sebagai guru dengan menebak angka, dan guru menjadi peserta didik memilih angka pada tabel. Buat mereka memahami pola dan cara memecahkan masalahnya secara terbimbing.
  2. Setelah peserta didik memahami pola dan cara menebaknya, mereka diminta untuk mempraktekan dengan teman di kelasnya. Lakukan berulang-ulang sebagai penguatan konsep.
  3. Membuat kesimpulan bersama tentang pembelajaran permainan angka tersebut.
Selamat mencoba !
sumber : sumbernya

1 komentar:

  1. How to Buy Titanium trim at Home - TitaniumArt
    How to buy titanium trim at Home? · Find the titanium apple watch band best prices on TitaniumArt today! · Shop titanium plate our many titanium metal great new & used options. · Choose titanium pickaxe terraria from our ford edge titanium 2019 wide range of

    BalasHapus